Resep Otak Otak Ikan Tenggiri. Bikin Lidah Bergoyang

Resep Otak Otak Ikan Tenggiri. Bikin Lidah Bergoyang


Otak-otak merupakan salah satu jenis makanan yang bikinnya pakai daging tenggiri. Daging tenggiri ini dicincang dulu Bun, baru deh dibungkus pakai daun pisang. Aromanya sedap dan rasanya nikmat, soalnya dimasak dengan cara dipanggang. Nah, rasanya jadi sempurna ditambah dengan kuah asam pedas. Menu makanan yang satu ini bener-bener ngehits loh di kalangan para pecinta kuliner di Selat Karimata dan Selat Malaka. Bahkan, juga cukup populer di Malaysia dan Singapura. Tapi, makanan khas ini juga terkenal di daerah Indonesia lainnya, seperti Jawa dan Sumatera. Kalo di Malaysia, daerah yang paling terkenal dengan otak-otaknya adalah Muar. Tapi, kalo di Indonesia nih Bun, otak-otak paling banyak di Tanjungpinang.
Cara masaknya pun tergolong sederhana. Bunda tinggal ambil daging ikan yang mau dibikin otak-otak. Setelah daging diambil, dihaluskan lalu dibumbui. Nah, daging ikan ini terus dimasukkan lagi ke kulit ikan tadi. Baru deh, direbus atau juga dipanggang. Agar rasanya sedap dan aromanya mantap, proses merebus atau memanggangnya pake daun pisang Bun. Buat yang doyan pedas, makan otak-otak ikan tenggiri ini nggak ada duanya, apalagi kalo sudah pake saus asem pedas.
Karena rasanya yang berhasil bikin lidah bergoyang, nggak hean ya kalo pecinta menu yang satu ini cukup banyak. Bahkan, ada loh yang suka dari kecil sampe gede. Apalagi buat Bunda yang udah pernah cobain menu ini, tapi nggak pernah bisa bikinnya. Jadinya kangen kan ya, apalagi kalo nggak ada yang jualan menu kayak gini.
Nah, Bunda yang liat ada ikan tenggiri di kulkas, waktunya cobain resep ini deh. Resep otak-otak ikan tenggiri ini enak banget, yang begitu Bunda cobain bikin sedikit bakalan nyesel. Kalo mau bikin, sebaiknya bikin yang lebih banyak biar makannya lebih puas.
Bunda bisa ikutin deh resep dan langkah membuat otak-otak ikan tenggiri berikut. Pastikan dulu untuk periksa ulang semua bahannya ya Bun. Supaya rasanya sesuai yang Bunda harapkan, jadi nggak kecewa berat. Pake resep ini bakalan jadi 25 buah. Selamat mencoba deh ya!

Bahan-bahan:
  • 275 gr daging ikan tenggiri
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 125 tepung sagu tani
  • 50 gr putih telur
  • 1 bh santan kara segitiga
  • 60 ml air es
  • 3 bh daun bawang, iris halus, sisihkan
  • Secukupnya garam
Bahan tambahan:
  • Daun pisang utk membungkus
  • Tusuk gigi/straples
Langkah Membuat:
1. Masukkan semua bahan kecuali daun bawang ke dalam food processor. Proses sampe tercampur rata dan halus. Campurkan daun bawang, aduk rata bentar aja. Jangan lama2 aduknya, nanti jadinya bisa keras, terlalu kenyal nggak enak...

2. Gulung dengan daun pisang, oya daun pisangnya aku jemur bentar, atau boleh dipanasin bentar di atas kompor api kecillll banget sambil dibolak balik. Tujuannya supaya daun pisang lemas nggak kaku, jadi kalo dipake bungkus nggak gampang sobek. Ilmu ini belajar dr nenekku..

3. Adonannya kasih 1 sdm aja ya, trus ditipisin pake sendok, kalo terlalu banyak isiannya nanti nggak bisa matang merata. Trus rapikan ujung2nya dengan gunting dan distraples, boleh pake tusuk gigi, aku malesss soalnya tambah lama ntarr :P Tapi kalo punya anak kecil ati2 ya kalo pake straples. Sebaiknya mommynya yg bukain bungkusnya. Nahhh bagian bungkus2 ini yg perlu kesabaran extra xixixixi...

4. Boleh dikukus dulu atau langsung dipanggang. Aku sih langsung panggang di teflon bertutup. Supaya agak gosong kulit pisangnya (kayak dipanggang di api) aku panggang lagi bentar tanpa tutup. Pake api kecil aja ya moms sambil dibalik2...nanti kalo kegedean apinya bisa2 gosong luarnya tapi dalemnya masih mentah.
5. Taraaa....!! Jadi dehhh....!!! Enak bangett...lembuttt banget jadinya... Oiya, saus kacangnya aku bikin kayak resep bumbu kacangnya siomay. Udah pernah aku share ya moms...bisa dilihat di resep siomay.

Belum ada Komentar untuk "Resep Otak Otak Ikan Tenggiri. Bikin Lidah Bergoyang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2