Kastengel Keju Wangi. Bikin Nyemil Terus, Gurihnya Poll

Kastengel Keju Wangi. Bikin Nyemil Terus, Gurihnya Poll


Kastengel emang cukup populer ya Bun di Indonesia. Kue kering ini dimasak dengan cara dipanggang di oven. Nah, kalo Bunda punya oven di rumah nih, Bunda bisa kok bikin kastengel. Jenis kue kering tersebut juga gampaang banget nyarinya di toko-toko roti. Soalnya, kastangel selalu muncul di berbagai acara spesial mulai dari lebaran, imlek, natal, dan lainnya.
Meskipun nih, bentuknya kecil kayak jari dengan panjang cuman 5 senti, kastengel ini bener-bener bikin ketagihan. Untuk adonannya nih, sedikit mirip sama nastar ya Bun. Cuman, bedanya nih, kue kastengel pakai keju dan bakalan terasa lebih enak kalo ditambah atau pakai keju yang asli dari Belanda. Kalo mau kue kastengel enak nih ya tergantung dari variasi keju yang dipakai. Bunda bisa pakai keju cheddar, keju guda, atau juga keju edam
Konon, kastengel ini kue kering dari Belanda loh. Kue yang punya tampilan khas dengan taburan keju tersebut berasal dari kata kaas dan stengels, yaitu bahasa Belanda. Kaas adalah keju dan stengels adalah batangan. Tapi, ketika masuk di Indonesia, kue ini udah dimodifikasi loh. Soalnya, kalo versi asli dari Belanda, kue ini panjangnya bisa mencapai 30 centimeter, nah begitu di Indonesia kuenya jadi pendek soalnya oven yang tersedia nggak begitu besar. Tapi, rasanya sendiri tetap sama kayak kastengel asli ala Belanda.
Kenapa nih harus cobain bikin kastengel? Kastengel keju bener-bener gurih, renyah, dan aromanya kemana-mana. Selain itu, kastengel juga cocok untuk semua acara. Baik buat suguhan acara formal atau juga santai. Bahan-bahan bikinnya juga nggak sulit kok. Bunda tinggal belanja di pasar dan pulang pasti dapet semua bahannya. Apalagi kalo belanjanya di toko kue yang menyediakan bahan-bahan kue buat Bunda.
Untuk yang pengen cobain bikin kastengel dengan cita rasanya yang mantap dan lezat, jangan kuatir. Bunda tinggal ikutin aja resep berikut. Bahan-bahannya diperiksa dulu biar nggak ada yang ketinggalan waktu coba bikin resepnya ya. Selamat mencoba, Bunda. Semoga berhasil!

Bahan-bahan:
  • 400 gr margarine (aku pake Blue Band cake&cookies)
  • 200 gr butter (aku pake Wisjmann)
  • 4 btr kuning telur
  • 200 gr keju edam, parut
  • 200 gr keju cheddar, parut (aku pake Kraft)
  • 50 gr maizena
  • 40 gr susu bubuk (aku pake Dancow)
  • 750 gr tepung kunci
Bahan olesan:
  • kuning telur (boleh ditambah pewarna, aku nggak pake)
Bahan topping:
  • keju cheddar, parut (aku pake Kraft)
Langkah Membuat:
1. Mixer margarine dan butter kurang lebih 2 menit sampe lembut.

2. Masukkan kuning telur satu per satu, mixer rata sebentar saja. Tambahkan keju edam dan cheddar, aduk rata pake spatula. Masukkan maizena, susu bubuk, terigu sambil diayak jadi 3 bagian. Aduk rata pake spatula atau sendok kayu atau sendok nasi. Saat mengaduk tepung2an lama kelamaan akan tambah berat. Aduk asal rata aja ya, jangan diaduk pake tangan. Nanti terakhir2 boleh pake tangan utk ngumpulkan adonan ke tengah baskom.
3. Tutup plastik cling wrap, masukkan kulkas 30-60 menit. Ambil sedikit adonan, alasi dan tutup dengan plastik, giling dengan rolling pin. Ketebalan terserah ya... aku bikin agak tebel dikit, lebih mantep xixixi... Cetak, taruh di loyang yg sudah dialasi silpat atau kertas anti lengket. Oles permukaan dengan kuning telur, taburi keju parut. Lakukan sampe adonan habis..
4. Aku tadi bikin pake cookie cutter bentuk mickey. Efek lelah nyetak kecil2... hihihi.. kalo cetakan gede gini kan cepet selesai

5. Lucuu yaaa... nggak tega mau makannya
6. Panggang dengan suhu 150 derajat di rak atas selama 30 menit. Sesuaikan oven masing2 ya... Sebaiknya kalo manggang kue kering pake api kecil supaya matengnya merata sampe dalem.

Belum ada Komentar untuk "Kastengel Keju Wangi. Bikin Nyemil Terus, Gurihnya Poll"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2