Resep Membuat Mie Ayam Lengkap. Rasanya Gurih Enak dan Praktis

Resep mie ayam



Bahan-bahan:
Bahan mie :
500 gr terigu protein tinggi (cakra kembar)
2 butir telur
130 ml air
1 sdt garam
Tepung tapioka secukupnya untuk taburan agar mie tidak lengket

Sawi, cuci bersih lalu Potong-potong

Bahan minyak ayam :
150 gr kulit ayam
150 ml minyak goreng
8 siung bawang putih (dicingcang)

Bahan kuah mie ayamnya :
500 gr dada ayam, potong kecil dadu
Ceker ayam secukupnya, boleh di skip ya
Daun bawang
Kecap manis
2 sdm minyak wijen
Daun salam
Sereh
2 sdt kaldu ayam bubuk
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
Bumbu halus :
8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
2 butir kemiri
Kunyit
Jahe
1 sdt ketumbar

Siapkan semua bahan



Cara membuat mie :
1. Siapkan wadah. Masukkan tepung terigu dan garam, aduk-aduk hingga tercampur rata.
2. Masukkan telur, kocok dulu ya biar gampang di uleni, masukkan air sedikit-sedikit demi sedikit sambil diaduk pake spatula.
3. Uleni adonan menggunakannya tangan. Gak perlu sampai kalis, asal tercampur aja ya.

4. Tutup adonan dengan serbet bersih, diamkan selama kurang lebih 30 menit.

5. Setelah 30 menit adonan siap dibentuk.
6. Dengan ampia haluskan adonan sedikit demi sedikit, Pake no. 1 aja. Ulangi beberapa kali per adonan.


7. Siapkan loyang yang sudah ditaburi dengan tepung tapioka biar adonan gak saling menempel.
8. Selanjutnya tipiskan seluruh adonan ke ampia no. 5. Cukup sekali aja ya. Taburi dengan tepung tapioka agar tidak lengket ya

9. Selanjutnya bentuk mie. Lakukan ke seluruh adonan ??
Catatan : adonan mie nya memang agak keras ya, nanti akan lentur dengan sendirinya.

Cara membuat minyak ayam:
1. Siapkan wajan. Panaskan minyak, kemudian masukkan kulit ayam, lalu kecilkan api. Pake api kecil banget yaaa.
2. Setelah kulit ayam setengah matang, masukkan bawang putih cincang goreng sampai keemasan, tetap pake api kecil ya.
3. Setelah bawang putih agak keemasan, matikan api. Jangan sampai bawang nya gosong ya.
4. Pisahkan minyak goreng dan kulit ayamnya.
5. Sisihkan kulit ayamnya. Jadi deh minyak ayam yang bakal dipake untuk mie ayam nya.

Cara membuat kuah mie ayam :
1. Masak ceker sampai bener-bener empuk, kemudian sisihkan.
2. Blender bumbu halus.
3. Tumis bumbu halus, tambahkan daun salam dan serei. Tumis sampai benar-benar matang


4. Masukkan daging ayam, aduk-aduk hingga tercampur rata

5. Masukkan air secukupnya.
6. Kemudian masukkan kulit ayam, dan ceker. Aduk-aduk hingga semua terendam


7. Lalu masukkan daun bawang, garam, dan kaldu ayam bubuk, Merica, gula pasir, tambah kan juga minyak wijen dan kecap manis. Aduk-aduk.
8. Masak dengan api kecil sampe air menyusut. Jangan lupa koreksi rasa.



9. Matikan kompor. Kuah mie ayam siap digunakan.

Cara penyajian :
1. Rebus mie, kira-kira 7-8 menit. Angkat dan tiriskan.
2. Rebus sawi, sebentar aja. Angkat dan tiriskan.
3. Siapkan mangkuk. Masukkan 1 atau  2 sdm minyak ayam.
4. Tambahkan kecap asin, sesuai selera aja ya.
5. Masukkan mie, aduk-aduk hingga tercampur rata dengan minyak dan kecap asin
6. Masukkan daging ayam, jangan lupa pake kuah nya biar lebih enak ya
7. Masukkan sawi.


8. Dan mie ayam udah jadi. Kalo pengen banyak kuah iisa ditambahin kuah dari bekas ngerebus ceker tadi ya.


Ini enak banget bund gak kalah sama yang dijual abang-abang bakso, dan pastinya lebih sehat ????

Selamat mencoba ????

#mieayam
#resepmieayam

Belum ada Komentar untuk "Resep Membuat Mie Ayam Lengkap. Rasanya Gurih Enak dan Praktis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2