Resep Abon Sapi. Lebih Gurih, Lebih Enak. Yang Lain Lewaat!

Resep Abon Sapi. Lebih Gurih, Lebih Enak. Yang Lain Lewaat!


Abon dibuat dari serat daging hewan. Warnanya cenderung cokelat terang, bahkan beberapa tampak kehitam-hitaman soalnya udah kecampur dengan kecap, Bun. Nah, abon ini wujudnya kayak punya serat-serat kapas, soalnya sebagian besar bahannya adalah daging dengan serat-serat otot yang kering dan udah disuwi-suwir. Abon ini awet banget loh Bun, karena nggak ada sisa kadar air. Jadi, berbulan-bulan disimpan di toples pun nggak masalah, asal kedap udara ya.
Abon ini emang tambahan yang enak banget, mau ditambah di atas nasi, bubur ayam, mie pangsit, atau bahkan juga bisa langsung dicemil. Biasanya nih si kecil di rumah suka nyemilin abon. Selain dari daging sapi, abon juga bisa loh dibuat dari daging kambing, kuda, babi, domba, ikan tuna, ikan tongkol, udang, dan lainnya. Kalo di Cina sih, pakenya daging babi, namanya Chousong. Kalo mau beli abon sapi yang enak banget di Indonesia, mungkin Bunda harus berkunjung ke beberapa daerah seperti Ngawi, Salatiga, Nganjuk, Magelang, Solo/Surakarta, dan Boyolali.
Kalo beli di pasar terdekat daerah Bunda, kan kualitas dagingnya juga nggak tau. Belum lagi nanti rasanya yang kurang enak. Kalo bikin sendiri di rumah, udah jelas dong kualitas bahan yang Bunda pilih, termasuk daging sapi yang masih segar. Jadi tetep aman untuk dikonsumsi keluarga dan orang-orang tersayang di sekitar Bunda. Begitu bikin, sekalian aja bikin dalam jumlah yang banyak. Apalagi untuk Bunda yang punya keluarga suka dengan abon sapi.
Nah, ketimbang harus berburu abon nih ya Bun, ternyata sampe rumah rasanya kurang enak, mending bikin sendiri deh. Bunda bisa kok ngikutin resep dan langkah membuat abon sapi berikut. Hasilnya jadi lebih enak, gurih, dan manis. Jadi nggak bakalan deh bikin Bunda kecewa. Yang lain dijamin deh bakalan lewat. Selamat mencoba ya!

Bahan-bahan:
  • 300 gr daging sapi, potong potong
  • 200 ml santan
  • Garam
  • Penyedap rasa sapi
  • 30 gr gula merah
  • 2 batang serai, Geprek
  • 1 ruas lengkuas, geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
Bumbu halus :
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 cm kunyit
  • 1 cm jahe
Langkah Membuat:
1. Rebus daging bersama serai, lengkuas dan daun salam sampai empuk.

2. Blender daging

3. Tumis bumbu halus bersama daun jeruk sampai harum, masukkan gula merah.

4. Masukkan daging, tambahkan santan. Aduk aduk, tambahkan juga garam, dan penyedap rasa.

5. Masak sampai meresap.

6. Goreng dengan minyak panas sampai kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

7. Kemudian di tekan dengan ulekan agar minyak tersaring.

8. Bungkus dengan tissue, peras.
9. Setelah kering dan minyak berkurang, kacau dengan garpu agar lebih halus teksturnya

10. Abon sapi nya siap dinikmati

Gimana Bun? Gampang kan bikinnya? Ketimbang beli loh, kalo ada dana, langsung aja beli daging sapi dan semua bahan lainnya yang Bunda perlukan. Kapanpun Bunda butuh, tinggal ambil aja deh di toples. Jadi nggak ribet-ribet beli ya, yang justru malah bikin bunda harus sulit berhemat.

Belum ada Komentar untuk "Resep Abon Sapi. Lebih Gurih, Lebih Enak. Yang Lain Lewaat!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2