Resep Macaroni Schotel Kukus. Lebih Enak, Lebih Bergizi

Resep Macaroni Schotel Kukus. Lebih Enak, Lebih Bergizi

Dulu biasanya kalo bikin macaroni schotel dengan cara dipanggang. Tapi sekarang oven lagi nggak bisa dipake, jadi coba coba bikin yang versi dikukus. Resepnya sih sama aja seperti macaroni schotel yang dipanggang. Hehee .. rasanyaa juga nggak kalah mantap dan ngeju banget
Modifikasi dikit dari bbrp referensi resep di Cookpad, aku tambahin banyak sayuran spy lebih kaya vitamin. Alhamdulillah keluarga suka & teman2 kantor pun menyerbu kalo aku bawa ini ke kantor.
Bahan-bahan:
  • 250 Gr macaroni
  • 400 Mililiter air utk merebus macaroni
  • 100 Gr daging sapi/ayam cincang
  • 2 Sosis, potong dadu
  • 250 Mililiter susu full cream
  • 150 Gr keju cheddar, parut
  • 1 Sdm tepung maizena, larutkan dg air
  • 4 Butir telur, kocok lepas
  • 100 Gr keju quick melt/mozzarella, parut. Untuk toping
  • Secukupnya kotak aluminium foil ukuran kecil

Sayuran tambahan, bisa dimodifikasi:
  • 1 Buah wortel, potong dadu
  • 2 Lembar kol, rajang kasar
  • 1 Buah tomat merah, potong dadu
  • 3 Tangkai seledri, iris halus
Bumbu:
  • 4 Siung bawang putih, geprek, rajang kasar
  • 1 Buah bawang bombay, potong dadu
  • 1 Sdt pala bubuk/sedikit biji pala yg ditumbuk halus
  • 1 Sdt kaldu jamur/kaldu sapi
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula
  • Secukupnya lada bubuk
  • Minyak untuk menumis
Langkah-langkah:
1. Didihkan air, masukkan macaroni, 1 sdt garam & 1 sdm minyak agar macaroni tdk lengket. Rebus macaroni hingga aldente (kenyal tdk lembek). Kemudian angkat & tiriskan.
2. Tumis bawang putih & bawang bombay hingga harum. Masukkan daging giling, sosis, wortel. Setelah cukup matang masukkan kol, tomat, seledri. Aduk rata.
3. Lalu masukkan parutan keju cheddar, susu cair, tepung maizena yg telah dilarutkan. Tambahkan pala bubuk, kaldu jamur/sapi, garam, gula, lada bubuk. Aduk rata & cek rasa. Setelah mengental matikan kompor. Angkat. Pindahkan adonan ini ke wadah lain.
4. Campurlah adonan tadi dg macaroni dan masukkan telur yg sudah dikocok lepas. Aduk rata.
5. Siapkan wadah aluminum foil. Masukkan adonan ke tiap aluminum foil. Tambahkan parutan keju quick melt/mozzarella sbg toping.
6. Didihkan air dalam dandang hingga menguap. Kukus adonan macaroni tadi selama +/- 15 menit.
7. Macaroni schotel kukus siap dinikmati. Untuk citarasa pedas bisa taburi bubuk cabai di atasnya atau cocol dg saus cabai.
Tadaaa.. macaroni schotel telah siap disajikan :):) tambahkan saos tomat atau saos sambel.

Belum ada Komentar untuk "Resep Macaroni Schotel Kukus. Lebih Enak, Lebih Bergizi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2